Penyebab, gelaja dan Pencegahan Trikomoniasis

Diulas oleh Dunia Baca Senin, 20 Januari 2014 0 komentar
Penyebab, gelaja dan Pencegahan Trikomoniasis

Penyebab, gelaja dan Pencegahan Trikomoniasis - Trikomoniasis  adalah salah satu penyakit menular seksual yang paling umum  yang bisa  disembuhkan, terutama pada perempuan muda yang aktif secara seksual. Berdasarkan data  Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit amerika, diperkirakanada sekitar 7,4 juta  kasus baru terjadi pada pria dan wanita setiap tahun di Amerika Serikat. Penyebab, gelaja dan Pencegahan Trikomoniasis

Penyebab Trikomoniasis

Trikomoniasis disebabkan oleh infeksi  parasit yang disebut Trichomonas vaginalis. Organ yang terinfeksi utamanya adalah saluran urogenital. Vagina adalah organ paling umum untuk infeksi pada wanita, dan uretra (saluran urin) adalah organ  paling umum untuk infeksi pada pria.

Gejala Trikomoniasis

Pada sebagian  wanita yang terinfeksi parasit  Trichomonas vaginalis tidak menimbulkan gejala.  Namun sebagian lagi  menimbulkan  gejala yang biasanya muncul dalam waktu 5 sampai 28 hari setelah terinfeksi  parasit tersebut. Gejala-gejala pada wanita meliputi:
  •  Vagina berbusa berwarna kuning kehijauan atau abu-abu
  • Merasa tidak nyaman saat berhubungan seksual
  • Vagina berbau busuk
  • Terasa nyeri saat buang air kecil
Pada seorang wanita  juga mungkin akan terjadi iritasi dan gatal-gatal di daerah genital. Dan kadang juga timbul rasa nyeri perut bagian bawah. Kebanyakan pria yang terinfeksi  tidak memiliki gejala. Jika hal itu terjadi, gejala-gejala yang timbul adalah sulit buang air kecil dan sulit ejakulasi.

Diagnosa Trikomoniasis

Ahli medis dapat mendiagnosa trikomoniasis di laboratorium melakukan tes pada sampel cairan dari vagina atau penis. Untuk mengetahui keberadaan parasit Trichomonas vaginalis.

Penularan Trikomoniasis

Seperti jenisnya, penyakit ini tergolong penyakit menular seksual. Penularannya ialah melalui cara berhubungan seksual dengan pasangan yang terserang penyakit ini.

Pencegahan Trikomoniasis

Agar kita tidak terinfeksi parasit Trichomonas vaginalis yang paling efektif adalah tidak melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang telah terinfeksi. Atau bila terpaksa berhubungan seksual seseorang bisa menggunakan kondom setiap kali berhubungan.

Pengobatan Trikomoniasis

Apabila seseorang  telah terinfeksi trikomoniasis biasanya pengobatan yang diambil secara medis ialah dengan cara memberikan metronidazol dalam dosis tunggal.

Komplikasi Trikomoniasis

Penelitian telah menunjukkan bahwa  trikomoniasis memiliki   komplikasi serius sebagai berikut.
  • Penelitian  ilmiah menunjukkan bahwa  trikomoniasis  setidaknya  meningkatkan risiko 3 â€" 5 kali lipat penularan HIV.
  • Trikomoniasis dapat menyebabkan seorang wanita melahirkan  bayi prematur atau  lahir dengan berat bandan yang rendah.

Jangan Lupa Jempolnya Sob, Makasih Sebelumnya



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Penyebab, gelaja dan Pencegahan Trikomoniasis. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://duniabaca22.blogspot.com/2014/01/penyebab-gelaja-dan-pencegahan.html. Terima kasih!