Rukun Puasa yang sering Terlupakan

Diulas oleh Dunia Baca Kamis, 11 Agustus 2011 17 komentar
“yang”
Rukun Puasa yang sering Terlupakan - Assalamualaikum Wr. Wb.
Kepada Allah saya mohon Ampun jika sekirannya ada salah dan Kurang tepat dalam penyampaian judul ini. Judul Postingan saya kali ini adalah Rukun Puasa yang sering Terlupakan. saya angkat judul ini karna pengalaman dalam kehidupan sehari hari. kenapa saya angkat judul ini? kita semua tau apa yg dimaksud dengan Rukun?atau bahkan ada yg tidak tau sama sekali?. secara garis besar Rukun itu adalah sesuatu ibadah yang apa bila rukun nya di tinggalkan atau lupa maka ibadah tersebut batal atau tidak sah sama sekali, misalnya salah satu rukun Sholat adalah baca Surah Alfatihah, salah satu rukun Wudhu' adalah mencuci muka, apa bila salah satu dari rukun itu kita tinggalkan, maka tidak sah sholat dan Wudhu'. nah kali ini saya akan menguraikan tentang Rukun Puasa. yang mana cuma 2 saja, yakni : niat dan Menahan diri hal yang membatalkan Puasa mulai dari Terbitfajar sampai terbenam Matahari.

1. Niat, Masalah niat ini lah yang sering di abaikan dan terlpakan oleh sebahagian orang, dan tidak menyadari bahwa kalau tidak baca niat puasanya sia sia saja, lalu kapan niat itu di baca?apakah hanya sekali saja di awal Ramadhan?misalnya berniat puasa untuk sebulan penuh?jawaban nya tidak, niat harus di baca setiap malam Ramadhan. apa dasarnya saya katakan seperti itu? kita lihat sebuah hadist Rasullullah,
"Mallam yujmi'ssiyami Qoblal Fajri Falaa Shiyamalah" : Barang siapa yang tidak berniat puasa pada malam nya sebelum terbit Fajar, maka tiada puasa bagi nya"
dengan dasar itu maka hendak lah setiap kita membaca niat Puasa setiap malam nya, boleh habis tarawih dan lebih baik sebelum melaksanakan makan Sahur.
kemudian masalah Lafazd ataupun bacaan niat itu sendiri, itu boleh dengan bahasa kita sendiri, misalnya "aku berniat puasa esok hari di bulan Ramadhan fardhu atas ku karena Allahuta'ala." dan alangkah lebih bagus lagi dengan Bahasa Arab
Nawaitu Shouma Ghadin, 'an adaa'i Fardhi Syahrii Ramadhaana, Haadzihissanaati Lillahi ta'ala.
saya yakin masih banyak di antara kita yang tidak hafal niat tersebut, maka boleh menggunakan bahasa kita masing2 sebagaimana yg saya jelaskan di atas.

2. Menahan diri dari yang membatalkan Puasa mulai dari terbit Fajar sampai Terbenam Matahari, nah kalau bagian yang ini saya yakin semua paham dan melaksanakan, cuma yang perlu saya tegaskan adalah masalah Niat tadi, agar jangan sampai lupa atau terlupa.
oke sahabat, mudah2an bermanfaat hendak nya buat kita semua. dan Mudah2an Puasa yang kita lakukan pada Ramadhan tahun Ini tidak sia2. amin

Jangan Lupa Jempolnya Sob, Makasih Sebelumnya



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Islami dengan judul Rukun Puasa yang sering Terlupakan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://duniabaca22.blogspot.com/2011/08/rukun-puasa-yang-sering-terlupakan_11.html. Terima kasih!